JURNAL ORANG TUA – Oase Eksplorasi – 16-19 Juli 2018

JURNAL ORANG TUA

Oase Eksplorasi

16-19 Juli 2018

oleh: Pratiwi Soediono (Mama dari Trisha)

Bepergian selama 5 hari 4 malam sendiri tanpa saya dan papanya, belum pernah dialami Trisha sebelumnya,  karena selama ini kami selalu bepergian bertiga.

Malam itu, sekitar 8 jam sebelum Trisha berangkat ke 4 pulau di kepulauan Seribu, kami ngobrol santai bertiga sambil memeriksa kembali barang-barang bawaan Trisha.

“Trisha, nanti kalau papa sama mama kangen gimana?”, tanya papanya..”tenang aja pa, kan ada jatah telpon 2 kali..”. Dari ekspresi wajah dan nada suaranya, Trisha tampak santai dan sepertinya tidak terlalu akan merindukan saya atau papanya, sesuatu yang sudah kami prediksi sebelumnya.

Saat hari keberangkatan Trisha tiba, papanya mengantar sampai ke stasiun Kota, dan mulailah hari-hari sepi di rumah tanpa Trisha. Rasanya aneh tanpa Trisha, yang biasanya dia akan memainkan lagu-lagunya di piano saat kami selesai makan malam, selama 4 malam itu, sepi…

Yang biasanya kami bercanda, berbagi cerita, tertawa bertiga di kamar tidur sebelum lampu dimatikan untuk tidur, 4 malam itu, nyaris senyap..

Dalam hati, ternyata begini rasanya tanpa kehadiran bidadari cantikku..5 hari terasa lama berlalu..

Akhirnya tibalah hari yang dinanti-nantikan, 19 Juli 2018..saya berangkat ke stasiun Tebet menuju Stasiun Kota menjemput putri tersayang. Jumpa lagi setelah 5 hari, Trisha terlihat ‘matang’, maksudnya bukan secara psikologis tapi fisik..hehehe..nampaknya dia telah berhasil menyatukan diri, terutama kulitnya, dengan cahaya sang mentari..

Oase Eksplorasi yang dijalani Trisha benar-benar memberikan pengalaman luar biasa dalam hidupnya yang baru ia jalani selama 14 tahun ini. Banyak sekali kejadian-kejadian yang dia alami selama eksplorasi, baik yang menyenangkan,  mengejutkan, menegangkan hingga yang mengharukan. Saya ingin menceritakan disini semua keseruan itu, tapi tampaknya yang paling pas menyampaikannya adalah Trisha sendiri..yang pasti saya dapat merasakan perubahan dalam dirinya, dia menjadi lebih dewasa, bijak dan semakin mensyukuri kehidupan.

Papa dan mama sangat menyayangimu seperti dirimu apa adanya, sayang 💛💛💛

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s